Pisau Potong Granit yang Bagus dan Awet - Pabrik Granit, Distributor Granit, Memasang Granit, Pisau Potong Granit, Memoles Granit

Granit maupun keramik memerlukan alat yang bagus untuk memperkecil ukuran supaya dapat diaplikasikan di area sisa lantai dan dinding. Penggunaan pisau potong granit yang bagus akan memudahkan pekerjaan karena proses pemotongan menjadi lebih cepat dan efisien. Alat tersebut selain berfungsi untuk memotong juga dapat membantu membentuk pola tertentu di bagian sudut.
Saat ini alat yang digunakan untuk memotong granit sudah cukup beragam dengan berbagai spesifikasi dan ukuran. Anda bahkan saat ini juga tidak perlu membayar tukang ketika ingin memotong granit karena sudah dapat memotongnya sendiri.
Jenis-jenis Alat Potong Granit
Untuk memotong granit, ada beberapa cara yang umum dilakukan. Pemotongan granit dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan scriber atau penggaris keramik. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan tile cutter atau alat pemotong ubin. Alat potong scriber terbuat dari bahan logam dan berbentuk seperti mata pisau kecil. Untuk menggunakan alat ini, Anda memerlukan alat bantu penggaris logam untuk memotong ubin granit.
Caranya buat garis di atas ubin granit sesuai dengan kebutuhan lebih dulu. Setelah itu, gunakan penggaris logam pada bagian yang telah digaris tadi. Setelah itu, gunakan scriber untuk menghancurkan bagian permukaan keramik dengan cara memberi sedikit tekanan. Langkah berikutnya, permukaan keramik yang sudah tergores tadi dibelah secara perlahan.
Di sisi lain,tile cutter adalah alat potong Granit/keramik yang saat ini lebih populer digunakan. Alat pemotong ini berbentuk seperti persegi panjang dan terbuat dari material logam. Pada mata pisaunya terdapat tuas. Ini adalah salah satu jenis pisau potong granit yang bagus karena dengan menggunakan alat ini, proses pemotongan granit menjadi lebih cepat dan mudah.
Untuk cara memotongnya, buat garis pada ubin sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Setelah itu, letakkan granit pada alat potong Granit. Tempatkan mata pisau di bagian pinggiran keramik dan gunakan tuas mata pisau untuk memotong bagian permukaan keramik agar membentuk garis yang dalam. Langkah berikutnya, letakkan keramik tadi di bagian pembelah dan berikan sedikit tekanan. Alhasil, ubin granit pun sudah terpotong. Biasanya alat pemotong ini hanya digunakan untuk ubin granit yang dipotong lurus membentuk satu garis. Sementara itu untuk bagian yang mempunyai sudut, berbentuk L, atau lingkaran, dapat menggunakan alat potong gerenda yang menggunakan mata pisau bulat.
Untuk mendapatkan hasil potongan ubin granit yang baik memang Anda harus menggunakan mata pisau potong granit yang bagus. Selain itu, mata pisau tersebut juga harus selalu tajam serta fungsi alat potongnya sesuai dengan kegunaannya. Sebagai contoh, untuk ubin granit dengan potongan berupa garis lurus atau hanya sekedar membelah ubin jadi 2 – 3 bagian, maka lebih baik jika Anda menggunakan tile cutter atau scriber. Kedua alat ini akan menghasilkan potongan yang lebih lurus dan rata sehingga bagian permukaan ubin tetap mulus.
Pemakaian gerinda dianjurkan hanya digunakan untuk pemotongan ubin granit yang membentuk pola. Pemotongan seperti ini biasanya diterapkan untuk bagian ujung dekat pintu atau sisa di sisi pojok ruangan. Alat pemotong ini juga dapat digunakan untuk bahan – bahan keras lainnya seperti keramik dan batu alam.
Di pasaran saat ini ada berbagai macam merek alat pemotong granit yang ditawarkan. Anda tentu akan mencari merek dan produk yang menawarkan kualitas terbaik. Berikut ini adalah beberapa contoh produk alat pisau potong yang banyak digunakan.

Bosch Pisau Potong Granit
Pisau potong dari Bosch ini ditawarkan dengan harga Rp 120 ribuan. Mata pisau tersebut hadir dengan desain yang cukup tebal dan tajam sehingga handal saat digunakan untuk memotong granit. Pisau tersebut dipasang pada alat pemotong gerinda sehingga akan berputar kencang ketika digunakan. Selain itu, nama brand Bosch selama ini juga telah dikenal dengan baik di masyarakat karena memiliki kualitas yang mumpuni.
Makita
Selain Bosch, merek lain yang sudah cukup terkenal adalah Makita. Perusahaan yang menyediakan berbagai perkakas untuk keperluan pertukangan ini juga menyediakan mata pisau yang dapat digunakan untuk memotong granit dan berbagai macam batu alam lainnya. Alat potong ini hadir dengan ukuran diameter 4 inch dan dapat digunakan untuk aplikasi basah. Selain untuk memotong granit, mata pisau ini biasanya juga digunakan untuk memotong keramik, batu, dan lainnya. Pisau potong ini ditawarkan dengan harga kurang dari Rp 100 ribu.

Nankai
Untuk pilihan lainnya, Anda dapat menggunakan mata pisau Nankai. Brand ini juga cukup terkenal dan ditawarkan dengan harga yang hampir sama dengan mata pisau dari Makita. Jenis mata pisau ini hadir dalam berbagai ukuran tetapi yang paling banyak digunakan untuk memotong granit adalah yang memiliki diameter 4 inch.

Itulah beberapa mata pisau potong granit yang bagus. Dengan mata pisau yang berkualitas, proses pemotongan granit pun menjadi lebih efisien.

You may also like

Granit maupun keramik memerlukan alat yang bagus untuk memperkecil ukuran supaya dapat diaplikasikan di area sisa lantai dan dinding. Pengg...

No comments: