Inilah Cara Memotong Granit yang Benar dan Tepat - Pabrik Granit, Distributor Granit, Memasang Granit, Pisau Potong Granit, Memoles Granit

Granit merupakan salah satu bahan yang saat ini cukup banyak diaplikasikan untuk bahan pelapis lantai rumah selain keramik. Memang jika dilihat dari segi kualitas, ubin granit menawarkan lebih banyak keunggulan dibandingkan keramik. Ubin granit saat ini tersedia dengan ukuran 60 cm x 60 cm. Saat ini bahkan ubin tersebut sudah ada yang hadir dengan ukuran 120 cm x 120 cm. Sementara itu untuk keramik, pilihan ukuran terbesar yang umumnya dijumpai di pasaran adalah 50 cm x 50 cm. Dengan ukuran granit yang cukup besar, tentu tidak semua granit tersebut dapat dipasang utuh ketika diaplikasikan baik untuk lantai maupun dinding.

Dalam kondisi tertentu, granit tersebut kadang ada yang tidak dapat dipasang secara utuh. Sebagai contoh bagian pinggir yang ukurannya tidak selalu sama persis dengan ubin granit tersebut. Supaya granit tersebut dapat dipasang dengan baik, maka ubin tersebut perlu untuk dipotong lebih dulu.

Sebenarnya teknik atau cara memotong granit ini terdiri dari beberapa macam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tekniknya secara rinci.

Menggunakan Tile Sciber
Salah satu cara yang banyak digunakan untuk memotong granit adalah dengan menggunakan tile sciber atau juga sering disebut dengan penggaris keramik. Hal pertama yang perlu dilakukan ketika hendak menerapkan sistem tersebut adalah dengan memberikan tanda khusus di bagian yang hendak dipotong. Tanda tersebut dapat menggunakan pensil dan penggaris besi. Hal ini bertujuan agar garis yang dibuat tadi benar – benar tegas dan juga lurus.
Sebelum melakukan pemotongan, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan terhadap mata penggaris. Periksa apakah kondisi mata pisau tersebut masih tajam dan pegangan atau scored nya masih kuat. Kedua hal ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap kualitas hasil potongan. Bila semuanya terjamin sudah baik, maka langkah selanjutnya adalah meletakkan ubin granit di tempat yang datar dan lurus. Tetapi pastikan bahwa permukaannya harus cukup kuat untuk menopang granit dan alat pemotong tersebut. Supaya pekerjaan ini dapat dilakukan dengan baik, tile sciber ini dapat diletakkan di meja sehingga dapat memudahkan pekerjaan.
Langkah selanjutnya adalah meletakkan penggaris besi di atas permukaan ubin. Lakukan pemeriksaan apakah penggaris tersebut sudah berada di posisi yang tepat di garis yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, posisikan tubuh senyaman mungkin agar proses penarikan garis dapat dilakukan dengan baik.
Setelah itu, alat pemotong dapat dipegang dan ditempatkan di mata penggaris untuk kemudian ditarik sekuat mungkin di sepanjang garis ubin yang hendak dipotong. Pada saat mengerjakan tugas ini, pastikan mata pisau potong posisinya tetap menempel pada penggaris. Selain itu, penggaris juga harus selalu ditekan agar posisinya tidak bergeser.
Jika garis potong yang dihasilkan sudah lurus dan tegas, maka hal yang perlu Anda lakukan sekarang adalah melakukan pemisahan potongan tadi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menekan granit tersebut. Caranua, letakkan benang atau kabel kecil di atas papan pemotong. Pastikan benang tersebut berada di garis yang lurus. Langkah berikutnya, letakkan granit di suatu papan atau bidang vertikal kemudian bagian sisi kanan dan kiri ubin ditekan secara bersama – sama. Dalam waktu yang bersamaan, maka ubin tersebut akan terpotong menjadi 2 bagian.
Tile Cutter
Cara memotong granit selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan alat bernama tile cutter atau juga sering disebut alat pemotong keramik. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menggunakan teknik ini hampir sama dengan cara sebelumnya yakni membuat tandar garis dengan penggaris besi dan pensil, selanjutnya ubin granit diletakkan di alat pemotong. Alat pemotong tersebut selanjutnya disetel supaya posisi pemotongannya bisa akurat dan tepat. Bila ubin granit yang dipotong jumlahnya cukup banyak dan semuanya memiliki ukuran yang sama, maka sistem penyetelan ini dapat dikunci agar ukurannya tidak berubah – ubah.

Selain itu, alat untuk menahan batas ubin granit juga perlu diatur dan kondisinya perlu dipastikan dalam keadaan yang baik dan kuat. Selanjutnya mata pisau pemotong ubin diletakkan di posisi terjauh dari bagian tepi ubin dan ditarik di sepanjang garis yang dipotong. Caranya, berikan tekanan pada bagian atas atau permukaan. Ketika tarikan sudah dilakukan secara penuh, Anda hanya perlu menggunakan penekan yang terdapat pada alat tersebut. Tekan ubin granit sampai terbelah jadi dua.
Gerenda

Cara lain yang dapat diterapkan untuk memotong keramik adalah dengan menggunakan gerenda. Ini merupakan pisau khusus yang memiliki bentuk bulat. Caranya, setelah Anda membuat garis, mesin gerenda yang sudah dipasang mata pisau bulat tersebut dihidupkan. Setelah itu, pisau yang berputar keras didekatkan ke ujing garis dan mesin kemudian dijalankan mengikuti garis tadi. Dibandingkan metode pemotongan lainnya, penggunaan gerenda jauh lebih cepat dan mudah.

You may also like

Granit merupakan salah satu bahan yang saat ini cukup banyak diaplikasikan untuk bahan pelapis lantai rumah selain keramik. Memang jika dil...

No comments: