Cara Memasang Granit yang Benar dan Awet - Pabrik Granit, Distributor Granit, Memasang Granit, Pisau Potong Granit, Memoles Granit

Apakah Anda memerlukan trik khusus atau kiat – kita dalam memasang granit? Tidak dipungkiri bahwa granit merupakan salah satu bahan bangunan yang paling sering digunakan untuk menutup struktur lantai. Oleh sebab itu, banyak orang yang berniat untuk memasang granit mencoba mencari cara memasang granit yang benar. Pasalnya jika pemasangan sampai salah, hal ini akan membuat lantai granit menjadi tidak awet dan tampilan lantai yang dihasilkan juga kurang rapi.

Jika dibandingkan dengan material penutup lantai lainnya, granit memang menawarkan banyak kelebihan. Salah satu kelebihan tersebut adalah memiliki sifat yang keras, kokoh, dan juga kuat. Dengan sifat yang dimilikinya itu, granit mempunyai ketangguhan dan daya tahan yang tinggi. Selain itu, kilau permukaan granit juga sangat baik. Oleh sebab itu, tidak heran jika harga granit di pasaran saat ini rata – rata tergolong cukup mahal.

Granit selain dipasang di lantai sebenarnya juga banyak diaplikasikan pada perabotan dan dinding misalnya meja dapur, dinding kamar mandi, atau dinding kolam renang. Tetapi terlepas dari itu, kali ini hal yang akan dibahas bukan tentang granit itu senditi tetapi bagaimana teknik pemasangan granit ketika diaplikasikan sebagai lantai bangunan.
Langkah – langkah yang perlu dilakukan pada cara memasangan granit untuk lantai pada dasarnya hampir sama dengan teknik pemasangan lantai keramik. Jadi Anda sebelumnya perlu untuk membuat landasan lebih dulu. Landasan tersebut berupa lantai semen yang mempunyai permukaan rata. Setelah terdapat landasan, baru kemudian Anda dapat memasang lantai granit di atasnya.

Membuat Dasaran
Pembuatan lantai dasaran sebenarnya bersifat opsional. Jadi Anda tak perlu repot – repot membuatnya lagi jika tukang yang memasang sudah ahli dan berpengalaman dalam memasang granit. Adanya lantai dasaran bermanfaat untuk memudahkan Anda saat proses pemasangan lantai granit. Dasaran ini memastikan lantai tersebuttelah dipasang dengan posisi yang rata. Untuk membuat lantai dasaran tersebut, Anda dapat menggunakan campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:3. Namun Anda juga perlu memastikan bahwa lantai semen yang dibuat memiliki permukaan yang rata. Setelah itu tunggu sampai lantai tersebut mengering. Selanjutnya Anda dapat melanjutkan ke pekerjaan berikutnya.
Membuat Perekat
Setelah membuat dasaran, cara memasang granit yang benar selanjutnya adalah membuat perekat. Biasanya adonan untuk perekat lantai granit terbuat dari semen dan pasir yang dicampur dengan perbandingan 1:3. Adonan ini dibuat dengan tekstur yang kering atau tidak terlalu lembek. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko terjadinya penyusutan secara berlebih jika pemasangan tersebut sudah kering. Untuk alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan semen instan sesuai dengan standar pabrik.

Teknik Pemasangan Granit
Kepalan atau standar ukuran dalam memasang lantai dari bahan granit adalah dimulai dari satu keping dan memanjang. Jadi pemasangannya tidak melebar. Sementara itu untuk pemasangan granit yang nyaris sama sekali tidak menggunakan nat biasanya dimulai dengan memasang tiga baris lebih dulu dengan posisi memanjang. Untuk arah pemasangan yang benar yaitu dimulai dari sisi dalam menuju sisi bagian luar. Ini berarti Anda sebaiknya memasang lantai granit di area tengah ruang terlebih dulu baru kemudian berlanjut ke tepi sampai menuju ke area di pinggir ruang. Sebisa mungkin hindari memasang lantai granit mulai dari sisi luarnya dulu menuju ke sisi dalam. Pasalnya hal ini akan membuat pekerjaan yang dihasilkan menjadi terlihat kurang rapi.
Teknik Pemasangan Lantai
Untuk memasang lantai granit, langkah yang perlu dilakukan adalah meletakkan adonan perekat di permukaaan lantai semen yang hendak ditutup granit. Aturlah sedemikian rupa agar tumpukan adonan perekat tadi dapat menghasilkan permukaan yang rata. Bila sudah, di sekitar bagian tepi adonan perekat tersebut dapat dibuang sepanjang kurang lebih 1 – 1,5 cm guna mengakomodasi terjadinya tekanan ke samping dan juga kelebihan adonan itu ketika lantai ditekan dan dipasang permukaannya. Sisi bawah lantai granit sebelum dipasang dapat diberi adonan perekat yang kental dan ketebalan adonan yang tipis. Selanjutnya, lantai granit tadi tepat dipasang di atas adonan perekat kemudian memberikan tekanan secara perlahan untuk membuat ikatannya semakin kuat. Anda dapat memeriksa kerataan permukaannya dengan menggunakan waterpass.

Finishing Lantai

Lantai berbahan granit yang baru dipasang tidak diperbolehkan untuk langsung diinjak hingga kondisinya benar – benar mengering sempurna. Jika Anda memakai adonan dari campuran pasir dan semen, waktu pengeringan yang diperlukan sekitar 4 – 5 hari. Sementara itu jika pemasangan granit menggunakan semen instan, maka lantai tersebut dapat mengering dalam waktu 2 – 3 hari. Setelah lantai kering, lantai granit tersebut dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih alami. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kilauan granit. Selain itu, Anda juga perlu memelihara lantai ini dengan baik supaya kilauannya tetap terjaga.

You may also like

Apakah Anda memerlukan trik khusus atau kiat – kita dalam memasang granit? Tidak dipungkiri bahwa granit merupakan salah satu bahan banguna...

No comments: