Tipe-tipe Batu Granit dan Bagaimana Cara Memilihnya untuk Rumah Minimalis - Pabrik Granit, Distributor Granit, Memasang Granit, Pisau Potong Granit, Memoles Granit

Batu granit adalah batu yang tercipta dari magma yang sudah mendingin dan yang mengalami tekanan sedemikian rupa di bawah tanah hingga akhirnya memadat dan menjadi batu. Umumnya batu granit berwarna hitam, putih atau abu-abu, namun ada juga batu granit yang berwarna cerah seperti biru, kuning, dan merah. Di artikel ini kita akan mempelajari berbagai jenis batu granit & tips memilih lantai granit rumah minimalis. Dengan begitu, penampilan rumah minimalis Anda akan tampak lebih elegan dengan dipasanginya lantai granit.
Lantai granit terkenal sangat kuat dan tahan banting. Saking kuatnya, lantai granit tidak akan mudah tergores dan bisa bertahan lama hingga puluhan tahun lamanya. Jika Anda rajin merawat lantai granit, maka lantai granit bisa bertahan lebih lama lagi. Selain itu penampilan lantai granit yang natural membuat ruangan tampak megah dan elegan. Jadi tidaklah mengherankan jika lantai granit menjadi favorit untuk dipasang baik di rumah minimalis maupun di gedung perkantoran. Berikut jenis batu granit yang ada di pasaran.

Jenis-jenis batu granit
 Batu granit hitam. Jenis batu granit yang satu ini merupakan jenis yang paling popular. Warnanya yang hitam seakan menimbulkan kesan misteri namun tidak mengurangi kesan megah dan kekuatannya. Batu granit hitam umumnya dipakai sebagai material dinding, material meja dapur modern, dan lantai ruangan.
   Batu granit biru. Batu granit biru atau lebih dikenal dengan nama blue pearl granite memiliki sedikit warna perak yang membuat batu granit tampak kemilau.
  Batu granit putih. Batu granit putih adalah batu granit yang paling terjangkau harganya karena jumlahnya yang lebih banyak dari jenis batu granit lainnya. Umumnya batu granit putih dipasang sebagai lapisan atas meja konter.
   Batu granit cokelat. Jenis batu granit yang satu ini bisa dipadupadankan dengan material lain seperti kayu dan logam. Bagi Anda yang ingin memberikan kesan hangat di dalam ruangan, batu granit cokelat bisa dijadikan pilihan lantai.
  Batu granit hijau. Warna hijaunya yang unik memberikan kesan mewah dan anggun yang cocok dijadikan bahan dasar dinding maupun lantai ruang tamu atau ruang keluarga. Batu granit hijau juga cocok dipasang di ruang perpustakaan atau ruang kerja untuk menambah rasa nyaman dan menyejukkan saat bekerja atau membaca buku.
    Batu granit emas. Warna emas sudah jelas memberikan kesan megah bagi interior ruangan dan menarik perhatian siapa saja yang memasuki ruangan. Oleh sebab itu batu granit emas cocok dipasang di lobi gedung perkantoran, hotel maupun pertokoan.

Ada banyak alasan mengapa lantai granit cocok dipasang di rumah minimalis. Lantai granit memberikan kesan megah jadi walaupun rumah Anda bergaya minimalis, rumah Anda akan tampak seperti rumah mewah. Lantai granit juga meningkatkan nilai jual rumah. Tidak ada orang yang tidak tertarik melihat lantai granit. Kesan elegan serta minat orang terhadap lantai granit membuat nilai jual rumah yang memasang lantai granit meningkat pesat.
Harga lantai granit memang lebih mahal daripada material lantai lainnya, namun harga itu sepadan dengan kekuatan dan daya tahan lantai granit. Lantai granit sangat kuat dan tidak mudah retak, tergores atau pecah. Lantai granit mampu mendukung beban seberat 500 kg. Lantai granit tidak mudah menyerap air dan juga mudah dibersihkan. Cukup dengan disapu atau dipel maka lantai granit akan tampak kembali bersinar.
Lantai granit memiliki pori-pori yang bisa membuatnya tetap dingin walaupun di daerah beriklim panas seperti di Indonesia. Kaki akan terasa nyaman saat menginjak lantai granit. Kotoran tidak mudah menempel di lantai granit, sehingga lantai granit tidak akan menimbulkan reaksi alergi.
Tips memilih lantai granit rumah minimalis
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilih lantai granit untuk rumah minimalis adalah:
         Pilihlah lantai granit dengan warna dan corak yang serupa. Sebetulnya untuk mendapatkan lantai granit yang benar-benar serupa dari segi warna dan corak sedikit susah karena batu granit adalah batu alami yang tidak mungkin bisa serupa antara satu batu dengan batu lainnya. Namun Anda bisa memastikan bahwa tegel granit yang Anda pilih memiliki warna dengan rona yang hampir sama dan corak yang hampir mirip. Dengan memilih warna dan corak yang serupa, membuat pemasangan lantai lebih mudah nantinya.
         Pakailah jasa professional. Anda harus berpikir dua kali jika Anda ingin memasang lantai granit sendiri. Harga lantai granit bukanlah harga yang murah, jadi jika terdapat kesalahan pemasangan ataupun saat pemotongan bisa membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang lagi. Pakailah jasa professional yang sudah paham apa yang harus dilakukan dan tahu bagaimana cara memotong dan mengaplikasikan lantai granit.
         Pertimbangkan perawatan lantai granit. Untuk menjaga daya tahan dan kemilau lantai granit, Anda harus meluangkan waktu merawat lantai granit dengan cara memolesnya menggunakan cairan pelindung khusus lantai granit. Perawatan ini tidak perlu dilakukan sering-sering, setidaknya bisa dilakukan setahun sekali. Namun harus konsisten dilakukan perawatan, jangan sampai terlewat, agar lantai granit Anda tetap awet dan kuat.

Itulah informasi mengenai jenis batu granit & tips memilih lantai granit rumah minimalis. Semoga bisa membantu Anda.

You may also like

Batu granit adalah batu yang tercipta dari magma yang sudah mendingin dan yang mengalami tekanan sedemikian rupa di bawah tanah hingga akhi...

No comments: