Pentingnya Cara Memoles Granit dan Perawatan yang Benar - Pabrik Granit, Distributor Granit, Memasang Granit, Pisau Potong Granit, Memoles Granit

Cara memoles granit bisa dilakukan untuk tujuan memberi kesan yang glamor dan mewah pada permukaan granit. Granit yang sudah dipoles memang akan lebih mengkilap dan lebih aman terhadap ancaman noda. Pemolesan terhadap granit ini dinilai cukup penting, mengingat bahan ini kini telah menjadi material bangunan yang cukup diminati.

Cara Memoles Granit dengan Biaya yang Relatif Mahal
Granit yang berbahan kuat dan memiliki harga yang relatif mahal tentu perlu dirawat. Pemolesan terhadap granit adalah salah satu cara perawatan pasif yang bisa dilakukan. Terutama untuk bangunan-bangunan umum yang sering dikunjungi banyak orang, seperti kantor, rumah sakit, tempat ibadah, atau bahkan pusat perbelanjaan.
Pemolesan pada granit tidak hanya akan mengesankan lantai yang bersih dan mengkilap, melainkan juga akan melindungi permukaan lantai dari noda dan kotoran. Hal ini perlu dilakukan, mengingat granit adalah bahan yang tidak tahan terhadap noda. Oleh karena itu, poles granit tidak hanya bisa dilakukan pada bagian interior saja, melainkan juga pada bagian eksterior. Mengingat bagian eksterior akan cenderung lebih mudah terkena noda dari luar.
Proses pemolesan granit biasanya dilakukan di pabrik, karena granit yang dijual di pasaran biasanya memang sudah memiliki lapisan poles. Harganya memang relatif mahal, namun kualitasnya juga pasti lebih baik. Hal ini sejalan dengan bahan granit itu sendiri yang memang sudah teruji memiliki kekuatan yang baik. Jika dibandingkan bahan sejenis lain seperti marmer, granit memang lebih disarankan karena kekuatannya yang sangat tinggi. Tidak seperti marmer yang terbuat dari fosil kapur yang notabene lebih rapuh.
Namun ada juga bahan granit yang tidak melewati proses pemolesan di pabrik, dan bisa dipoles sendiri dengan memanggil tenaga ahli jasa pemoles granit. Harga bahan granit tanpa poles relatif lebih murah. Tapi jika tidak ingin ribet, ada baiknya langsung membeli granit yang sudah dipoles.
Granit dengan Aneka Ragam Warna
Sebenarnya, warna pada permukaan granit terbentuk secara alami. Beberapa warna granit yang biasa ditemui antara lain putih, biru, coklat, hijau, dan hitam. Warna-warna tersebut memang tidak terlalu memberikan banyak pilihan alternatif warna. Namun jika pemilihan dilakukan dengan tepat, rumah yang menggunakan granit juga akan terlihat mewah dan berkelas.
Cara memoles granit agar kinclong juga penting untuk dilakukan setelah memilih aneka ragam warna tersebut. Penggunaan granit dengan warna putih biasanya dilakukan agar ruangan terlihat bersih. Sedangkan warna granit cokelat biasanya digunakan untuk memberikan kesan yang hangat pada rumah. Granit warna hijau dilakukan untuk memberikan kesan yang alami dan natural. Biasanya warna hijau ini diterapkan pada ruang-ruang utama. Warna lainnya disesuaikan dengan selera penghuni rumah. Masing-masing warna akan memberikan kesan tersendiri.
Merawat Permukaan Granit
Setelah melewati cara memoles granit agar mengkilap, granit yang sudah dipoles tersebut tetap harus dirawat dengan teratur. Adapun tahapan-tahapan pembersihan dan perawatan yang harus melewati adalah sebagai berikut.
1.      Membersihkan permukaan granit
Pembersihan terhadap permukaan granit ini harus dilakukan secara rutin, yaitu dengan cara menghilangkan debu, kotoran, noda, dan juga mengepelnya. Hal ini harus dilakukan karena bahan-bahan yang paling merusak granit adalah campuran dari goresan kotoran, pasir, dan noda-noda yang membuat permukaan menjadi lebih kusam. Gunakan sapu dan kain pel yang lembut dan bersih agar granit poles selalu terlihat bersih setiap hari. Sebaiknya gunakan bahan berserat mikrofiber.
2.      Memilih cairan pembersih yang tepat
Cara membersihkan granit harus dilakukan dengan teknik yang tepat, salah satunya dengan menggunakan cairan pembersih granit yang tepat. Cairan pembersih granit berbeda dengan cairan pembersih keramik kebanyakan, karena pembersih granit harus memiliki pH yang netral. Hindarilah penggunaan zat asam karena bisa mengelupaskan lapisan poles di atas granit. Jika lapisan poles lama-lama terkikis, maka lapisan permukaan granit juga lama-lama akan terkikis dan menjadi kusam.
Jika memang cairan pembersih granit tidak ada di rumah, ada baiknya membersihkan noda dengan air biasa, karena air biasa memang memiliki pH yang netral. Jika noda tidak segera hilang dengan air, maka gunakan cairan pencuci piring yang juga cenderung memiliki pH yang netral. Hindari penggunaan sabun pencuci yang mengandung pemutih, karena pemutih berarti bersifat asam. Setelah proses pembersihan selesai, segera keringkan dengan kain kering.
3.      Langkah pencegahan
Langkah pencegahan adalah langkah untuk mencegah masuknya kotoran masuk ke dalam bangunan atau rumah. Caranya adalah dengan memasang walks off mats di depan pintu rumah. Walks off mats adalah bahan seperti keset yang berfungsi untuk mencegah adanya kotoran dari alas kaki yang akan masuk ke dalam rumah. Walks off mats lebih panjang daripada keset kebanyakan. Hal ini akan menghemat waktu berdiri di depan pintu.
Demikianlah cara memoles granit dengan pilihan warna yang akan memberikan kesan yang berbeda. Semoga bermanfaat.

You may also like

C a r a memoles granit bisa dilakukan untuk tujuan memberi kesan yang glamor dan mewah pada permukaan granit. Granit yang sudah dipoles me...

No comments: