Cara Membersihkan Granit Hitam dengan Benar Agar Tetap Terawat - Pabrik Granit, Distributor Granit, Memasang Granit, Pisau Potong Granit, Memoles Granit

Cara membersihkan granit hitam perlu diketahui, terutama untuk mereka yang memasang granit hitam di rumah. Entah itu sebagai bahan pelapis lantai, atau bahan pelapis meja dapur atau meja makan. Granit memang merupakan bahan mewah yang tidak tahan terhadap noda, sehingga perawatan dan pembersihannya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara membersihkan granit hitam dari noda.

Cara Membersihkan Granit Hitam sebagai Bahan Penutup Lantai
Sebagai bahan penutup lantai, perawatan granit dilakukan dengan melakukan pembersihan secara rutin. Hal ini dimaksudkan agar permukaan granit lantai tetap terjaga kualitas dan kebersihannya. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan granit hitam sebagai bahan penutup lantai antara lain sebagai berikut.
·  Bersihkan lantai granit hitam secara teratur dan berkala. Sebaiknya membersihkan granit setiap hari atau setiap pagi agar lantai granit hitam tetap terlihat mewah dan elegan. Walau granit hitam bisa menyamarkan kotoran, namun kebersihannya harus tetap dijaga setiap hari.
·  Gunakan produk pembersih granit khusus yang bisa dibeli di pasaran. Jangan menggunakan produk pembersih keramik biasa, karena kandungannya akan berbeda. Pilih produk pembersih granit yang berkualitas agar bisa mengangkat semua noda, tidak meninggalkan bekas, dan agar kelembutan permukaan granit tetap terjaga.
· Untuk mendapatkan hasil granit yang lebih bersih dan berkilau, gunakan juga produk pengkilap granit yang juga mudah didapatkan di pasaran. Produk pengkilap granit akan membuat granit hitam lebih terkesan mewah, bersih, dan elegan.
· Cara mengepel granit hitam adalah dengan menggunakan kain yang tidak kasar agar tidak menciptakan goresan lembut pada permukaan granit hitam, karena goresan pada granit hitam akan lebih terlihat daripada goresan pada granit warna cerah.
· Pel permukaan granit hitam dengan gerakan memutar yang lembut. Gerakan memutar akan lebih sesuai dengan serat-serat permukaan granit dan hasilnya akan lebih bersih jika dibandingkan dengan gerakan lurus vertikal atau horizontal.
· Untuk menjaga kilauan pada granit hitam, ada baiknya melakukan proses pemolesan terhadap permukaan granit dengan bahan-bahan pemoles. Hal ini bukan hanya bisa mengkilapkan permukaan granit, melainkan juga bisa menjaga permukaan granit hitam aman dari noda dan kotoran.

Cara Membersihkan Granit Hitam sebagai Bahan Penutup Meja Dapur
Cara merawat granit hitam juga harus dilakukan secara lebih intens pada granit yang digunakan sebagai bahan penutup meja dapur atau meja makan. Hal ini berkaitan dengan risiko yang lebih besar dari ruang dapur dan ruang makan karena pasti akan ada noda bekas makanan atau noda yang muncul karena proses pengolahan makanan. Noda makanan juga banyak yang membahayakan kualitas granit, karena tumpahan minyak, lemak, minuman berwarna, atau elemen makanan seperti saus dan kecap akan cenderung meninggalkan bekas noda pada granit. Hal ini berkaitan dengan sifat granit yang memiliki daya serap terhadap bahan cair.
Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat dan membersihkan granit sebagai bahan penutup meja dapur dan meja makan antara lain:
· Bersihkan lantai granit hitam di meja dapur atau meja makan secara teratur dan berkala. Sebaiknya granit hitam dibersihkan setiap hari atau setiap pagi agar meja granit hitam tetap terlihat mewah dan elegan. Walau granit hitam bisa menyamarkan kotoran dan noda, namun kebersihannya harus tetap dijaga setiap hari.
· Jika ada noda makanan yang tumpah di atas permukaan meja granit hitam, segera lakukan proses pembersihan. Apalagi jika meja granit hitam belum melewati proses poles kristalisasi. Hal ini dimaksudkan agar noda tidak segera meresap ke permukaan granit dan menimbulkan bekas atau bercak yang mengganggu.
·  Gunakan produk pembersih granit khusus yang bisa dibeli di pasaran. Jangan menggunakan produk pembersih keramik biasa untuk membersihkan noda pada meja dapur granit hitam, karena kandungannya akan berbeda. Biasanya pembersih keramik memiliki kandungan asam atau basa yang terlalu tinggi.
· Pilih produk pembersih granit yang berkualitas agar bisa mengangkat semua noda, tidak meninggalkan bekas, dan agar kelembutan permukaan granit tetap terjaga. Produk yang baik adalah yang memiliki pH netral seperti air.
· Usap permukaan meja granit hitam dengan menggunakan kain yang tidak kasar agar tidak menciptakan goresan lembut pada permukaan granit hitam, karena goresan pada granit hitam akan lebih terlihat daripada goresan pada granit warna cerah. Gunakan kain jenis mikrofiber yang berserat mikro.
· Bersihkan permukaan granit hitam dengan gerakan memutar yang lembut. Gerakan memutar akan lebih sesuai dengan serat-serat permukaan granit dan hasilnya akan lebih bersih jika dibandingkan dengan gerakan lurus vertikal atau horizontal.

Itulah cara membersihkan granit hitam dengan benar, baik di permukaan lantai dan permukaan meja dapur. Semoga bermanfaat.

You may also like

C ara membersihkan granit hitam perlu diketahui, terutama untuk mereka yang memasang granit hitam di rumah. Entah itu sebagai bahan pelapi...

No comments: