Tips Mudah Memilih Lantai Granit Terbaik untuk Rumah - Pabrik Granit, Distributor Granit, Memasang Granit, Pisau Potong Granit, Memoles Granit

Lantai granit bisa dipasang dimana saja di area rumah baik itu di dalam maupun area luar rumah. Lantai granit biasanya dipilih karena ketahanannya terhadap benturan dan goresan, bentuk dan style-nya yang elegan, keawetannya serta efek dingin yang dipancarkan yang sangat cocok dengan iklim tropis Indonesia. Harga lantai granit yang mahal membuat kita harus cermat memilihnya. Oleh karena itu artikel ini akan memberikan tips memilih lantai granit untuk rumah. Dengan begitu, orang-orang akan terhindar membeli lantai granit yang tidak cocok dengan kondisi rumah.
Tips memilih lantai granit untuk rumah

Kualitas lantai granit
Sebetulnya ada beberapa faktor yang perlu dilihat untuk menentukan kualitas lantai granit, namun cara yang paling mudah adalah dengan melihat ketebalannya. Lantai granit yang tebal dianggap memiliki kualitas yang bagus. Jadi semakin tebal lantai granit, semakin bagus kualitasnya.

Penampilan lantai granit
Lantai granit umumnya memiliki bercak-bercak tersebar di permukaan tegel. Bercak-bercak ini akibat mineral dan zat-zat natural yang terperangkap di dalam magma sebelum akhirnya magma mendingin dan membentuk batu granit. Warna lantai granit banyak macamnya, ada yang hitam, putih, bahkan ada yang berwarna cerah seperti warna kuning, biru, dan merah. Kadang kala batu granit mengandung mika yang membuat tegel tampak mengkilap. Pertimbangkan penampilan alamiah lantai granit apakah cocok di ruangan yang akan dipasangi lantai granit, apakah akan menyatu dengan gaya interior rumah, dsb.
Warna lantai granit
Lantai granit memiliki beragam warna yang bisa dijadikan pilihan. Untuk di dalam ruangan, lantai granit berwarna gelap akan membuat interior ruangan tampak lebih cerah. Sedangkan untuk di luar ruangan, pilihlah lantai granit berwarna cerah dan bermotif modern agar rumah Anda terlihat eksotis dan bisa menarik perhatian tetangga dan teman-teman Anda.

Ukuran, bentuk, dan motif lantai granit
Lantai granit yang dijual di pasaran memiliki beragam ukuran, bentuk, dan pola gambar. Umumnya harga lantai granit dipatok berdasarkan ukurannya. Semakin besar ukuran tegel, maka akan semakin mahal harga yang ditawarkan. Untuk menghemat biaya, direkomendasikan memilih tegel granit untuk rumah dengan ukuran lebih kecil, bentuk persegi dan dengan motif gambar gaya modern. Lantai granit untuk rumah tidak perlu terlalu tebal karena arus lalu lalang orang-orang di dalam rumah tidak seramai arus di gedung perkantoran atau di pertokoan.
Percobaan pemasangan lantai granit
Mintalah sampel tegel granit untuk dibawa pulang agar bisa dilihat kecocokannya dengan ruangan di rumah. Jika toko tidak menyediakan sampel, belilah satu tegel granit. Lalu letakkan di salah satu ruangan agar Anda bisa melihat apakah tegel granit cocok dengan interior ruangan dan kondisi kelembaban ruangan. Percobaan seperti ini benar-benar tips memilih lantai granit untuk rumah yang sangat berguna dalam menghindari membeli tegel granit yang salah.
Perawatan lantai granit
Lantai granit terkenal akan kekuatannya dan keawetannya. Dibandingkan tipe lantai lainnya, lantai granit merupakan lantai yang paling kecil kemungkinannya retak ataupun rompal. Walaupun begitu, lantai granit tetap perlu dirawat secara berkala agar tetap bertahan lebih lama lagi. Lantai granit perlu dilapisi dengan cairan pelindung khusus setidaknya setahun sekali. Proses perawatan ini dinamakan sealing. Jadi sebelum Anda memilih lantai granit untuk rumah Anda, pertimbangkan dahulu apakah Anda mau merawat lantai granit secara berkala dan seberapa banyak waktu yang bisa Anda sediakan untuk merawat lantai granit.
Pemesanan lantai granit
Biasanya para professional memesan lantai granit dengan melebihkan jumlah tegel sebanyak 5 sampai 15% dari jumlah yang dibutuhkan. Hal ini guna menghindari kesalahan pemotongan tegel atau jika ada tegel granit yang pecah. Pemesanan dengan jumlah lebih juga berguna untuk memberikan pilihan yang lebih banyak. Masalah yang biasa terjadi pada lantai yang terbuat dari batu alami seperti granit adalah hampir mustahil menemukan dua tegel dengan warna dan corak yang persis sama. Oleh karena itu dengan memesan lantai granit dengan jumlah berlebih setidaknya kita bisa memiliki lebih banyak pilihan untuk memilih lantai granit dengan warna dan corak yang mirip-mirip. Saat pesanan lantai granit sudah datang, sebaiknya semua tegel dikeluarkan dari kotak lalu dijejerkan satu persatu di tempat kering agar Anda bisa melihat warna dan corak setiap tegel dan memiliki gambaran bagaimana mendistribusikan tegel-tegel tersebut di lantai sesuai warna dan corak tegel.

Harga lantai granit
Harga lantai granit sedikit lebih mahal daripada lantai jenis lain. Buatlah budjet seberapa banyak uang yang mampu Anda belanjakan untuk lantai granit. Belilah lantai granit yang sesuai dengan kapasitas budjet Anda. Tetaplah konsisten dengan rencana budjet Anda, jangan tergoda membeli tegel granit di luar budjet.

Itulah tips memilih lantai granit untuk rumah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mendapatkan lantai granit yang tepat untuk interior atau eksterior rumah Anda. 

You may also like

Lantai granit bisa dipasang dimana saja di area rumah baik itu di dalam maupun area luar rumah. Lantai granit biasanya dipilih karena ketah...

No comments: